Tanaman Bunga Hias

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tanaman Hias

Cara Merawat Bunga Melati Air

Cara merawat bunga melati air agar tetap berbunga denga baik.

Cara Merawat Bunga Melati Air

Keindahan Dan Keunikan Melati

Bunga Melati merupakan lambang kesucian nan sederhana, apalagi dengan warna putih dan bau harumnya. Karenanya bunga Melati sering dikaitkan dengan berbagai tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan salah satu spesiesnya yakni Bunga Melati Putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia, dan bunga melati yang akan kita bahas kali ini adalah melati jenis Bunga Melati Air.

Bunga Melati Air adalah tanaman hias yang cukup eksotis serta rajin berbunga. Sebelum membahas mengenai bagaimana Cara merawat bunga melati air ini, sebaiknya kita simak dulu beberapa penjelasan mengenai tanaman indah yang satu ini. Tanaman hias ini memiliki begitu banyak kelebihan. Selain rajin berbunga yang tidak mengenal musim, tanaman yang memiliki nama latin Echinodorus palaefolius juga memiliki bentuk daun yang begitu eksotis yaitu semakin ke atas semakin lebar.

 

Merawat Tanaman Bunga Melati Air

Nah, cara merawat bunga melati air ini memang gampang-gampang susah. Hambatan yang sering ditemui adalah tanaman ini kadang dihinggapi oleh beberapa gangguan, yaitu antara lain adalah karat di daunnya, dan munculnya bercak kuning pada daun yang dikarenakan oleh tetesan air hujan. Untuk menghindari adanya penyakit karat ini, kita harus menghindarkan tanaman ini dari tetesan air hujan secara langsung.

Bunga melati air ini memiliki warna putih dan berbunga sepanjang waktu. Bunga itulah yang dipakai guna pembiakan. Usai mekar dan tunasnya keluar, maka daunnya pun akan keluar. Daun itulah yang akan dipotong serta ditancapkan pada media tanam. Nah, yang perlu diperhatikan di sini adalah tingkat stress melati air ini lumayan tinggi. Maka dari itu bila kita ingin memecah bunganya, ada baiknya kita berhati-hati. Bila dipecah, maka tanaman ini bisa stress, walaupun tidak sampai mengakibatkan kematian. Paling-paling hanya daunnya saja yang hangus ataupun kering.

Lalu untuk mengatasinya adalah kita harus memotong daun yang stress itu, sementara tunasnya harus langsung kita tanam dan tak perlu kita pecah-pecah lagi. Hal ini dimaksudkan agar saat yang satu rusak, maka daun yang lain masih dapat berkembang dan masih bagus. Nah, begitu akarnya sudah tumbuh, maka tanaman ini bakal mencari dengan sendirinya tanah yang tepat untuk dirinya. Yang paling penting adalah tanaman air ini dapat berdiri dengan tegak, dan ia akan otomatis menyesuaikan dirinya sendiri.

Lalu untuk perawatan tiap harinya yang lain yaitu kita harus rajin check apakah terdapat kutu hitam ataupun belalang di tanaman kita. Kutu hitam ini bisa membuat daunnya tak dapat membesar, dan hama yang satu ini bisa cepat menular serta berkembang biak.

Bunga Melati Putih Manfaat Bunga Melati Tanaman Bunga Melati
More from Cara Merawat Tanaman

Leave a Reply

Back to Top